Sejarah Kementerian Agama Kantor Kabupaten Situbondo

Operator Web Site | Rabu, 23 April 2014 - 11:01:49 WIB | dibaca: 3322 pembaca

Perkembangan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Situbondo
 
A. Tahun 1964 – 1966 Pada saat ini masih bernama Kabupaten Panarukan. Sedangkan yang mengurusi masalah agama ada dua bagian yaitu yang mengurusi masalah perkawinan, haji, wakaf, masjid dan penghulu disebut Kantor Urusan Agama. Sedangkan yang menangani masalah pendidikan disebut Inspeksi Pendidikan Agama. Kedua bagian tersebut juga mempunyai kantor yang terpisah, untuk Kantor Urusan Agama terletak di masjid jami’ (sekarang Masjid Agung Al-Abror) yang berada di sebelah barat alun-alun Kota Situbondo, Kantor Inspeksi Pendidikan Agama bertempat di Jln. PB. Sudirman (sekarang depan kantor PEMKAB).
 
B. Tahun 1967 Tahun ini sedikit perubahan untuk Inspeksi Pendidikan Agama menjadi Dinas Pendidikan Agama Tingkat II Kabupaten Panarukan atau lebih dikenal pada saat itu dengan sebutan DISPENDADU. Sejak tahun 1967 terbuka kesempatan untuk menegerikan madrasah swasta berdasarkan Penetapan Menteri Agama No. 80 tahun 1967. Kesempatan penegerian itu kemudian dihentikan pada tahun 1970 berdasarkan KMA No. 813/1970, ketika itu jumlah MIN sudah mencapai 358 buah di Indonesia.
 
C. Tahun 1973 Departemen Agama terus berkembang dan melakukan inorasi-inorasi baru dan terus melakukan perbaikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman. Pada tahun ini Kantor Urusan Agama berubah menjadi Kantor Perwakilan Departemen Agama Kabupaten Situbondo dikepalai oleh Bpk. Soeradjo, sampai saat ini beliau masih hidup dan sehat. Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Agama adalah Bpk. Damin Nasan, BA.
 
D. Tahun 1975 – 1976 Sesuai dengan KMA No. 18 tahun 1975 terjadi perubahan kembali di Lingkungan Departermen Agama menjadi Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo dan Dinas Pendidikan Agama menjadi bagian dalam Kantor Departemen Agama yang disebut Seksi Pendidikan Agama Islam (PENDAIS). Kantor yang berada di Jln. Madura juga pindah menjadi satu di Jln. Basuki Rahmat. Yang menjadi Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo saat itu adalah Bpk. Buhari yang menjabat sampai tahun 1981. sesuai dengan KMA tersebut diatas dalam Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo terdiri dari: 1. Ka. Subbag TU : - Bagian Umum - Bagian UP - Bagian Keuangan 2. Seksi URAIS 3. Seksi PENDAIS 4. Seksi PENAIS
 
E. Tahun 1981 Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo dapat memantapkan kedudukannya, perannya dan eksistensinya, selain dapat mengembangkan jumlah pegawai yang semakin bertambah dari tahun ke tahun dan juga telah mempunyai kantor yang luas dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk sebuah kantor. Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo yang baru selesai dibangun ini terletak di Jln. PB. Sudirman No. 01 Karangasem Kelurahan Patokan Kecamatan Situbondo. Letak kantor sangat strategis karena berada dijalan protokol digerbang kota Situbondo. Dibandingkan dengan kantor sebelumnya yang terletak di Jln. Basuki Rahmat jauh lebih baik dan lebih luas, sebab tersedia sebuah ruangan untuk setip seksi. Juga telah dilengkapi dengan sebuah mushalla bahkan satu ruangan aula walau tidak terlalu besar tetapi cukup memadai untuk kepentingan rapat-rapat dinas dan penataran-penataran di lingkungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo. Ada perubahan struktur organisasi dengan lahirnya KMA No. 75 tahun 1984, adalah sebagai berikut: 1. Kasubbag TU 2. Seksi URAIS 3. Seksi PENDAIS 4. Seksi PERGURAIS 5. Urusan Haji, Pada saat itu Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo dijabat oleh Bapak Su’aidy Asyqin sampai tahun 1986. selanjutnya ada pergantian kepemimpinan pada tahun 1990. tahun 1990 sampai tahun 1994 Kepala Kantor Dijabat oleh Bapak Kodrat yang berasal dari Maesan Jember.
 
F. Tahun 1994 Tahun ini ada hal yang tidak dapat terlupakan begitu saja karena ada sebuah moment penting dilingkungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo kurang lebih setelah setahun Bpk. Ahmad Sya’roni menjabat sebagai Kepala Kantor, beliau menginstruksikan kepada para karyawati untuk memakai jilbab. Hal ini disertai dengan pemberian seragam secara cuma-cuma kepada para karyawan dan karyawati. Berikutnya pada tahun 1999 kembali terjadi pergantian kepala kantor dari Bpk. Ahmad Sya’roni kepada Bpk. H. Syuhud. A. Ghani sampai tahun 2000.
 
G. Tahun 2001 Saat ini Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo telah dijabat oleh Bpk. Drs. Bisri Djalil. Dengan adanya KMA N0. 373 tahun 2002 kembali di Departemen Agama terjadi perubahan struktur organisasi yaitu sebagai berikut: 1. Seksi Subag TU 2. Seksi URAIS 3. Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh 4. Seksi MAPENDAIS 5. Seksi PEKAPONTREN 6. Seksi PENAMAS 7. Seksi Penyelenggara Zakat Dan Wakaf Tahun 2003 terjadi pergantian kepala kantor dari Bpk. Drs. Bisri Djalil pada Bpk. Drs. H. M. Raefi, M.Pd.I yang semula menjabat kasi URAIS di Kantor Departemen Agama Kabupaten Situbondo. Bapak Drs. H. M. Raefi, M.Pd.I menjabat sampai dengan tanggal 6 November 2006. dibawah kepemimpinannya Kantor Departemen Agama terus mengadakan perbaikan-perbaikan disegala bidang begitu juga di lintas sektoral sehingga dapat berperan secara optimal dalam ikut serta memajukan masyarakat di Kabupaten Situbondo ini.
 
H. Tahun 2006 sampai dengan 2008 Sejak tanggal 7 Nopember 2006 s/d 9 April 2008 terjadi pergantian Kepala Kantor dari Bpk. Drs. H.M. Suprihadi Ismail, M.Si pada Bpk. Drs. H. Nazli Idris, M.Si yang semula menjabat Kepala Kantor Departemen Agama Kota Probolinggo.
 
I. April 2008 sampai dengan Pebruari 2013 Pada tanggal 19 Oktober 2009 telah terjadi lagi pergantian pimpinan di Kantor Departemen Agama Kab. Situbondo dari Bapak Drs. H. NAZLI IDRIS, M.SI pada Bapak Drs. ROSYADI BADAR, M.Pd.I yang pada jabatan sebelumnya adalah Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Departemen Agama kab. Probolinggo. Bapak Drs. H. NAZLI IDRIS, M.SI sampai tanggal 19 Oktober 2009 praktis hanya 1 tahun 6 bulan kepemimpinan beliau singkatnya masa kepemimpinan beliau telah banyak mengadakan perbaikan baik dari segi fisik maupun mental para pegawai / guru di Kantor Departemen Agama Kab.Situbondo begitu juga di lintas sektoral hubungan kerja dengan instansi terkait dan harmonis sehingga Departemen Agama turut serta secara optimal dalam memajukan masyarakat di Kab.Situbondo.
 
J. Maret 2013 sampai dengan Sekarang Pada Maret 2013 pergantian pimpinan di Kantor Kementerian Agama Kab. Situbondo dari Bapak Drs. H. ROSYADI BADAR, M.Pd.I pada Bapak Drs. H. MOH BAKRI, M.Pd.I yang pada jabatan sebelumnya adalah Kepala Seksi Mapenda Kantor Kementerian Agama kab. Sumenep. Pada Tahun ini juga berubah struktur organisasi di Kementerian Agama Kab. Situbondo 1. Seksi SubBag TU 2. Seksi Bimas (Bimbingan Masyarakat Islam) 3. Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh 4. Seksi Pendma (Pendidikan Madrasah) 5. Seksi PD Pontren (Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren) 6. Seksi PAIS (Pendidikan Agama Islam) 7. Seksi Penyelenggara Syariah